Cara Screenshot di Macbook Simpel, Tanpa Ribet!

Bagaimana cara screenshot di Macbook? Pertanyaan tersebut sering kali dilontarkan oleh para pengguna Macbook pemula. Seperti yang banyak diketahui, support system pada Macbook memang berbeda dengan laptop-laptop lainnya yang mayoritas menggunakan linux atau windows.

 

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan pengguna Macbook saat ingin menangkap gambar layar untuk kebutuhan tertentu. Screenshot Macbook bisa dilakukan hanya dengan menerapkan rumus menu pada keyboard tanpa harus meminta pengguna untuk menggunakan aplikasi screenshot tertentu.

Cara Screenshot di Macbook dengan Mudah

Untuk mendapatkan gambar layar atau screenshot dari laptop Macbook sebenarnya sangat simpel karena pengguna tinggal memanfaatkan tools yang ada pada laptop. Namun, bagi pengguna Macbook baru mungkin wajar kalau merasa kebingungan saat belum pernah mempraktekkannya.

1. Menekan Tombol Shift + Command + 3

Cara screenshot di laptop Macbook bisa dilakukan dengan memanfaatkan tools Shift+ Command+3. Tools ini bisa pengguna pilih ketika akan mengambil gambar screenshot seluruh layar kemudian bagian yang tidak penting bisa di edit menggunakan fitur crop pada laptop.

 

  • Langkah awal, tekan tombol Shift + Command + 3 pada keyboard Macbook untuk memudahkan dalam mengambil gambar screenshot secara keseluruhan.
  • Pengguna bisa membuka aplikasi yang fungsinya hampir sama dengan Microsoft Paint. Tekan “paste” atau menggunakan tombol Ctrl + V untuk tempel screenshot gambar.
  • Para pengguna bisa mengedit gambar screenshot sesuai dengan selera. Editing yang sering kali digunakan seperti crop (memotong) bagian gambar yang tidak diperlukan.
  • Klik “Menu” yang letaknya ada di bagian atas layar, lalu klik “File” dan “Save” untuk menyimpan perubahan screenshot gambar.
  • Beri nama pada gambar screenshot, lalu pengguna bisa menyimpannya dalam format JPEG. Tujuannya agar hasil gambar screenshot berkualitas terbaik dan tidak buram.
  • Pilih “Simpan” dan mendapatkan gambar screenshot menggunakan Print Screen sudah berhasil dilakukan.
  • Jika tidak perlu melakukan editing, maka gambar screenshot yang sudah diambil bisa secara otomatis tersimpan pada desktop Macbook.
Baca Juga :  Cara Kredit HP di Shopee, Cicilan Terjangkau Tanpa Ribet!

2. Menggunakan Rumus Shift+Command+4

Cara screenshot di Macbook yang kedua dengan memanfaatkan tools Shift+Command+4. Berbeda dengan tools sebelumnya, metode screenshot ini akan memudahkan pengguna untuk mengambil gambar screenshot sesuai kebutuhan saja.

 

  • Silahkan tentukan halaman yang ingin diambil gambar screenshot. Pastikan bahwa bagian tersebut mencakup keterangan yang dibutuhkan, sehingga hasil screenshot berhasil.
  • Berikutnya tekan tombol Shift+Command+4 bersamaan sampai kursor Macbook berubah menjadi ikon bidik.
  • Untuk melakukan screenshot, pengguna bisa tarik bidik pada bagian halaman yang ingin di screenhoot.
  • Silahkan lepaskan cursor ketika gambar yang dibutuhkan sudah berhasil di screenshot. Hasil tangkapan layar nantinya akan secara otomatis tersimpan pada dekstop.
  • Jika pengguna merasa gambar screenshot yang diambil tidak sesuai, maka tekan tombol “ Esc (Escape) untuk membatalkan penyimpanan gambar tersebut.

3. Menggunakan Tools Shift+Command+5

Cara screen capture di Macbook Air bisa juga menggunakan tools Shift+Command+5. Tools ini membantu pengguna yang ingin menangkap gambar screenshot pada bagian jendela layar saja. Hampir sama dengan metode sebelumnya, begini cara menggunakan tools Shift+Command+5.

 

  • Langkah awal, pengguna bisa membuka jendela atau bagian menu yang ingin di screenshot. Lalu tekan dan tahan tombol Shift+Command+5 dengan cara bersamaan.
  • Secara otomatis, bagian gambar yang terkena drug akan tersimpan otomatis pada desktop. Jika pengguna ingin membatalkannya silahkan tekan “Escape”.
  • Untuk membatalkannya dengan tombol “Escape” bisa dilakukan ketika gambar kecil pada sudut layar masih belum hilang. Jika sudah hilang, maka pengguna bisa menghapusnya pada folder penyimpanan.

 

4. Menggunakan Tools Shift+4+Spasi

Ingin mengambil screenshot Macbook dari jendela aplikasi? Nah, kamu bisa gunakan tools Shift+4+Spasi. Misalnya pada browser pengguna sedang membuka jendela web tertentu, maka bisa menggunakan opsi satu ini untuk mendapatkan tangkapan layar sesuai kebutuhan.

Baca Juga :  3 Cara Unreg Kartu Indosat Efektif yang Bisa Dilakukan Sendiri

 

  • Pengguna menekan tombol Command+Shift+4+Spasi secara bersama-sama. Nantinya akan muncul semacam pointer yang berbentuk kamera pada jendela aplikasi.
  • Jika memang sudah ditemukan pointer pada bagian jendela layar, maka pengguna bisa klik bagian pointer untuk mengambil screenshot.
  • Opsi ini tidak akan bisa dilakukan ketika penggunanya belum membuka jendela aplikasi, jadi pastikan jendela aplikasi terbuka sebelum klik tombol keyboard di atas.

Bagaimana Cara Menangkap Gambar Layar MacOs Terbaru?

Selain memiliki support system berbeda pada laptop Windows biasa, Macbook juga selalu mengeluarkan inovasi baru yang membuatnya memiliki cara tersendiri dalam melakukan tangkapan layar. Seperti halnya jenis Macbook Mojave yang memerlukan aplikasi tangkapan layar saat melakukan screenshot.

 

Cara membuka aplikasi tangkapan layar bisa dilakukan dengan menekan tombol Shift+Command+5, kemudian aplikasi akan segera muncul pada halaman layar yang ingin di screenshot. Sedangkan pada aplikasi lainnya seperti Apple TV tidak menyediakan opsi untuk melakukan jepretan layar.

 

Lalu bagaimana caranya melakukan screenshot? Pengguna bisa menggunakan papan klip universal. Hasil screenshot gambar perlu dipasang pada tempat lain untuk dilakukan editing menggunakan aplikasi lain, jadi sebagai pengguna Macbook pemula perlu memahami tipe MacOS yang digunakan.

Cara Melihat Hasil Tangkapan Layar (Screenshot) pada Macbook

Setelah mengetahui cara screenshot di Macbook dengan berbagai tools, maka pengguna juga harus memahami cara melihat hasil screenshot pada desktop Macbook. Ada 2 cara yang bisa dilakukan untuk menemukan file screenshot pada sistem MacOs versi lama ataupun baru:

1. Menggunakan Pencarian Finder

Sudah pernah dengar tentang Finder? Finder sendiri merupakan fitur pada MacOS yang bisa dimanfaatkan untuk menemukan serta menyusun suatu media, file, folder. Dalam hal ini, pengguna Finder bisa memanfaatkannya menemukan hasil screenshot gambar.

Baca Juga :  4 Cara Agar Laptop Tidak Lemot untuk Windows & Mac

 

  • Kunjungi Finder MacOS, kemudian tekan tombol Command+F untuk bisa memunculkan fungsi pencarian.
  • Pengguna perlu memasukkan sintaks parameter untuk menemukan gambar screenshot yang dibutuhkan. Format sintaks misalnya kMDItemIsScreenCapture:1.
  • Silahkan tekan kembali laman pencarian untuk memunculkan hasil screen capture pada layar Mac.
  • Jika gambar screenshot tidak muncul, maka pengguna bisa saja salah memasukkan alamat sintaks gambar tersebut, sehingga bisa dilakukan pencarian manual sesuai tanggal.

 

2. Menggunakan Metode Spotlight

Sama halnya dengan Finder, fitur Spotlight yang terdapat dalam Macbook bisa digunakan untuk menemukan berbagai app, email, dokumen, serta folder dengan cepat. Oleh sebab itu, pengguna MacBook bisa memanfaatkan fitur untuk menemukan hasil screenshot.

 

  • Untuk memunculkan fitur Spotlight pada MacBook, silahkan tekan “Command + Spasi”. Temukan gambar screenshot yang dibutuhkan dengan menginput format sintaks.
  • Format sintaks pencarian sama dengan penjelasan sebelumnya, pastikan pengguna menulis alamat sintaks dengan benar baik huruf font besar maupun kecilnya.
  • Setelah menulis sintaks, maka pengguna bisa klik “Tampilkan Semua Pencarian”.
  • Secara otomatis, Spotlight akan membantumu menemukan hasil screenshot yang dibutuhkan.

 

Cara screenshot di Macbook bisa dilakukan dengan menggunakan 4 tools yang bisa ditemukan pada keyboard. Untuk menemukan file screenshot yang tersimpan dalam desktop Macbook bisa menggunakan fitur Finder dan Spotlight yang memudahkan proses pencarian dengan format sintaks.

Leave a Comment