Cara Setting Youtube untuk Anak

Belakangan ini konten video semakin menjadi-jadi dan tidak terjaga untuk anak kecil. Untuk itu lakukan cara setting YouTube untuk anak agar seorang anak tidak menonton video terlarang.

Salah satu contoh konten video yang terlarang untuk anak yaitu konten dewasa, kekerasan, perjudian, konsumsi terlarang dan larangan lain sebagaimana yang diatur oleh undang-undang RI.

Tujuan adanya mengatur YouTube untuk anak agar anak bisa menonton video yang layak di usianya. Dengan begitu bisa mendidik serta menambah wawasan anak sesuai usia.

Cara Setting YouTube untuk Anak

Untuk cara setting YouTube khusus anak sebenarnya ada berbagai macam cara. Adapun cara detailnya yaitu sebagai berikut:

Install Aplikasi YouTube Kids

Seorang anak tentu lebih sering pegang HP daripada komputer atau laptop. Jadi ketika menonton video di HP, istilah aplikasi YouTube kids karena YouTube kids ini setiap kontennya sudah di filter oleh YouTube itu sendiri.

Jadi sudah bisa dipastikan bahwa konten dewasa atau konten terlarang untuk anak kecil tidak akan muncul di YouTube kids.

Download dan instal aplikasi YouTube kids di Google play Store atau app store.

Namun terdapat alternatif lain untuk setting YouTube khusus anak agar seorang anak yaitu dengan membuat akun khusus untuk anak.

Buat Akun Google untuk Anak

Membuat akun Google untuk anak biasanya membutuhkan akun Google orang dewasa. Misalnya seorang ayah memiliki akun Google, ayah tersebut bisa membuat akun Google dan dikhususkan untuk anak. Cara setting YouTube untuk anak dengan membuat akun google adalah sebagai berikut:

  • Hapus semua akun Google yang tersambung di perangkat tersebut.
  • Sekarang daftar membuat akun Google baru.
  • Istilah data dan identitas untuk anak tersebut. Setidaknya usia anak tersebut yaitu 7 tahun yang ingin dibuatkan akun Google untuk menonton YouTube.
  • Ikuti proses seperti membuat akun baru untuk orang dewasa dengan mengisi kolom yang ada.
  • Namun untuk pembuatan akun anak ini harus memasukkan akun Gmail orang dewasa untuk verifikasi. Jika tidak punya akun Gmail orang dewasa maka pembuatan akun untuk anak agar bisa nonton YouTube tidak bisa dilanjutkan.

Kelemahan untuk cara ini yaitu Anda harus menghapus semua akun Google dan membuat akun baru. Namun cara ini sangat efektif ketika pengen chatting agar anak bisa nonton YouTube.

Mengatur Ulang Usia Akun Google

Cara setting YouTube untuk anak selanjutnya agar bisa nonton YouTube yaitu dengan mengatur akun Google yang tertaut di YouTube tersebut. Cobalah dengan mengubah usia akun Google tersebut menjadi usia anak-anak.

Masuk My Account Google kemudian ubahlah usia anda menjadi usia anak-anak.

Mengontrol Setiap Anak Menonton Video YouTube

Setiap aktivitas yang kita lakukan di YouTube pasti akan terekam dan bisa menjadi rekomendasi tayangan video yang mirip untuk video selanjutnya.

Misalnya jika anda sering menonton video sepak bola maka tayangan atau rekomendasi video selanjutnya yaitu seputar sepak bola juga.

Agar video yang selalu muncul di YouTube adalah konten anak maka sebagai orang tua harus selalu ikut menonton dan mengontrol video yang anak tonton. Dengan begitu rekomendasi tayangan video selanjutnya yaitu juga sesuai untuk anak.

Hapus History YouTube dan Putar Konten Anak Setiap Waktu

Langkah terakhir untuk cara setting YouTube untuk anak yaitu hapus history atau riwayat aktivitas tontonan kemudian ubah pola tontonan kedepannya khusus untuk anak. Dengan begitu tayangan video selanjutnya pasti berubah dan sesuai untuk anak.

Itulah beberapa informasi singkat tentang cara setting YouTube untuk anak agar konten yang tampil sesuai untuk porsi anak. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :  Cara Setting Iklan YouTube Agar Tampil Lebih Banyak

Leave a Comment