Cara Sinkron Kontak Ke Gmail

Cara Sinkron Kontak Ke Gmail – Kontak pada Gmail merupakan sekumpulan informasi mengenai nama dan nomor serta alamat yang dapat dihubungi. Kehadiran sebuah kontak sangat penting dalam proses komunikasi baik melalui gmail maupun media komunikasi online lainnya seperti whatsapp.

Kontak dapat kita gunakan sebagai alamat penerima pesan secara online. Gmail sebagai media pesan elektronik tidak hanya berperan sebagai pengirim dan penerima pesan. Lebih dari itu, akun gmail dapat kita jadikan sebagai cloud atau penyimpanan kontak yang aman.

Dengan teknologinya, gmail dapat menyimpan kontak kita dengan aman. Selain itu, kita dapat dengan mudah memulihkannya jika menggunakan ponsel baru. Tapi sebelumnya, kita harus melakukan sinkronisasi kontak telepon pada Gmail. Berikut ulasan mengenai cara sinkron Kontak ke Gmail.

Apa Itu Sinkronisasi Kontak Gmail dan Fungsinya?

Sikronisasi Kontak Gmail adalah sebuah kegiatan mengkoordinasikan kontak telepon pada penyimpanan kontak Gmail. Secara sederhana, sinkronisasi ini akan menyimpan kontak secara otomatis pada akun Gmail.

Fungsi dari sinkronisasi Gmail adalah sebagai langkah antisipasi dari kehilangan data kontak. Mengapa demikian? Gmail akan menyimpan kontak dengan aman. Sehingga, ketika anda kehilangan ponsel atau pun beralih pada ponsel baru.

Anda dapat dengan mudah memindahkan kontak tersebut ke ponsel yang baru. Tanpa harus menyimpan kontak satu per satu. Caranya hanya dengan melakukan pemulihan dan sinkronisasi, maka kontak anda secara otomatis akan tersimpan pada ponsel baru.

Bagaimana Cara Sinkronisasi Kontak Ke Gmail?

Melakukan sinkronisasi kontak ke Gmail dapat kita lakukan apabila kontak telepon masih kita simpan pada penyimpanan telepon. Penyimpanan juga aman, namun berpotensi mengalami kehilangan data kontak apabila ponsel tersebut mati maupun hilang.

Baca Juga :  Cara Memindahkan Kontak Ke Gmail di Hp Android & IOS

Dengan melakukan sinkronisasi, anda dapat meminimalisisr hal tersebut. Kontak yang tersinkron dengan gmail, secara otomatis akan terus tersimpan pada penyimpanan Gmail. Itu artinya, saat anda menyimpan kontak baru maka kontak tersebut akan tersimpan pada penyimpanan google.

Istilah sinkron ini erat kaitannya dengan kegiatan pencadangan kontak ke akun Gmail. Pencadangan akan menyimpan kontak telepon anda ke penyimpanan Gmail yang lebih aman. Serta sinkronisasi akan membuat kontak baru tersimpan secara otomatis pada penyimpanan tersebut.

Cara Sinkron Kontak Ke Gmail

Untuk melakukan sinkronisasi kontak dari penyimpanan telepon ke akun Gmail sangatlah mudah. Berikut cara sinkron kontak ke Gmail.

1 Masuklah pada menu ‘setting’ atau ‘pengaturan’ pada smartphone anda.

2 Carilah main menu ‘Google’.

3 Selanjutnya Klik ‘Setelan Untuk Aplikasi Google’.

4 Pilih ‘Sinkronisasi Google Kontak’.

5 Lalu klik ‘Juga Sinkronkan Kontak Perangkat’.

6 Pada page pencadangan & sinkronisasi, aktifkan ‘Cadangan & Sinkronkan Kontak Perangkat’ atau ‘Otomatis Cadangkan & Sinkronkan Kontak Perangkat’

7 Kemudian pilihlah akun gmail yang ingin anda gunaka sebagai tempat penyimpanan kontak tersebut. Setelah itu, selesai. Kontak anda akan secara otomatis tersimpan pada satu akun gmail yang anda pilih tersebut.

Perlu anda ketahui, pada beberapa merek smartphone biasanya proses sinkronisasi ini dapat anda lakukan secara otomatis tanpa perlu melakukan langkah- langkah diatas. Selain itu, Google mempunyai ketentuan bahwa anda tidak dapat mencadangkan kontak pada akun anak dan akun Google Suite.

Kontak yang telah tersinkronisasi tidak akan hilang dan tersimpan dengan aman pada akun gmail yang anda pilih tadi. Ketika anda melakukan logout akun gmail tersebut dari ponsel, maka secara otomatis kontak akan hilang pada smartphone. Namun tetap tersimpan pada akun gmail yang anda logout tersebut.

Baca Juga :  Cara Menghapus Gmail Permanen Dengan Mudah

Cara Memulihkan Kontak Melalui Gmail

Kegiatan memulihkan kontak melalui Gmail dapat anda lakukan ketika beralih pada ponsel baru maupun melakukan login kembali akun gmail. Dengan catatan, gmail yang anda gunakan untuk login adalah gmail yang anda pilih saat menyimpan kontak atau saat melakukan sinkronisasi kontak.

Dengan catatan, bahwa anda tidak bisa melakukan pemulihan cadangan dari versi android yang tinggi ke versi yang lebih rendah. Pun untuk memulihkan kontak pada whatsapp dan aplikasi lainnya yang menggunakan kontak tersebut, maka anda harus menginstall ulang aplikasi tersebut dan re-login.

Cara memulihkan kontak melalui gmail:

1 Masuk ke Menu ‘Setting’ atau ‘Pengaturan’.

2 Pilih Menu ‘Google’

3 Klik ‘Menyiapkan &Pemulihan’.

4 Silahkan untuk memilih ‘Pulihkan Kontak’ untuk memulihkan kontak pada gmail.

5 Dalam keadaan anda memiliki beberapa akun Gmail. Pilihlah akun yang memiliki cadangan kontak atau akun yang pernah anda sinkron kan.

6 Pilih Ponsel dengan kontak yang akan disalin.

7 Nonaktifkan pilihan Kartu SIM dan Penyimpanan Perangkat, jika anda hanya akan memulihkan dari akun gmail saja.

8 Klik pulihkan untuk memulihkan semua kontak pada gmail. Tunggu sampai kontak muncul. Selesai.

Cara Mengekspor Kontak Gmail

Mengekspor kontak gmail artinya mengirimkan kontak ke penyimpanan atau ke alamat gmail yang lain. Apa fungsi dari ekspor kontak gmail? Fungsinya yaitu untuk mengirimkan seluruh kontak pada alamat gmail yang di ekpor ke alamat gmail yang lain.

Misalnya, ketika anda mempunyai ponsel baru dengan alamat gmail yang baru pula. Anda memerlukan seluruh kontak dari akun gmail lama ke akun gmail yang baru. Anda cukup mengekspor kontak tersebut dari akun gmail lama ke akun gmail baru.

Cara mengekspor kontak gmail:

Baca Juga :  Cara Menggunakan Google Meet

1 Masuklah ke ‘Google Kontak’.

2 Kemudian pilihlah salah satu opsi sesuai dengan kebutuhan. Jika anda hendak mengekspor semua kontak maka centang pada opsi semua kontak.

3 Klik titik tiga.

4 Kemudian pilih ekspor.

5 Untuk ekstensinya pilih file .VCF.

Cara Berhenti Menyimpan Kontak ke Gmail

Berikutnya, bagaimana cara berhenti menyimpan kontak ke Gmail? Dalam beberapa kondisi mungkin anda akan menyimpan kontak ke cloud lain atau mungkin anda hanya ingin berhenti menyimpan kontak pada akun gmail.

Berhenti menyimpan kontak ke Gmail artinya anda tidak lagi menyimpan atau melakukan sinkronisasi kontak dengan akun Gmail. Jadi, bisa kita sebutkan bahwa cara agar berhenti menyimpan kontak ke Gmail adalah dengan menonaktifkan sinkronisasi.

Walaupun sinkronisasi telah dinonaktifkan nantinya. Kontak yang telah tersimpan dalam akun gmail tidak beralih pada penyimpanan perangkat ataupun hilang. Sebab, kontak tersebut tetap tersimpan dalam penyimpanan Gmail.

Adapun untuk menghilangkannya, anda perlu menghapus kontak tersebut satu per satu secara manual. Berikut adalah cara berhenti menyimpan kontak ke Gmail:

1 Masuk ke menu ‘Setting’ atau ‘Pengaturan’.

2 Pilih main menu ‘Google’.

3 Klik ‘Setelan Untuk Aplikasi Google’.

4 Klik ‘Juga Sinkronkan Kontak Perangkat’.

5 Nonaktifkan ‘Otomatis Cadangkan & Sikronkan Kontak Perangkat’. Selesai, sinkronisasi telah berhasil berhenti dan dalam keadaan nonaktif. Secara otomatis, kontak tidak akan tersimpan pada Gmail.

Penutup

Itulah cara sinkron kontak gmail beserta beberapa cara yang berhubungan dengan proses sinkronisasi kontak Gmail. Semoga dapat membantu anda.

Leave a Comment