Cara Sinkronisasi Gmail Pada Hp Android Dengan Mudah

Agar semua pesan email masuk secara otomatis tanpa harus membuka aplikasi gmail, Anda harus melakukan sinkronisasi pada ponsel android. Untuk cara sinkron gmail di android sangat gampang tanpa bantuan aplikasi pihak ketiga.

Terdapat beberapa keluhan dari pengguna gmail yang mengatakan bahwa aplikasi ini yang terinstall belum bisa sinkronisasi secara otomatis. Jadi tidak ada notifikasi email masuk pada hp mereka, jika ingin notifikasi email muncul maka mereka harus membuka aplikasinya terlebih dahulu.

Agar aplikasi gmail sinkronisasi secara otomatis hal yang harus Anda lakukan adalah pergi ke pengaturan. Tenang saja artikel ini akan membahas cara agar gmail sinkronisasi secara otomatis. Yuk simak langkah-langkahnya.

Cara Sinkroniasi Gmail Secara Otomatis di Android

Saat pertama kali login atau membuat akun gmail baru di Android. Biasanya gmail akan mengarahkan Anda untuk sinkronisasi beberapa perintah. Seperti Kalender, App Data, Gmail, Google fit data, Kontak, keep dan lainnya. Karena beberapa settingan aplikasi, proses sinkronisasi tidak bisa dilakukan secara otomatis.

Untuk mengatasi hal ini, Simak langkah demi langkah ini.

  1. Buka aplikasi gmail pada hp android Anda.
  2. Kemudian klik garis tiga di pojok kiri atas.
  3. Kemudian scrol kebawah sampai menemukan setting atau setelan.
  4. Kemudian pilih dan klik satu email untuk sinkronisasi otomatis.
  5. Scroll ke bawah sampai menemukan tulisan penggunaan data atau data usage.
  6. Kemudian klik ceklis pada bagian sinkronisasi gmail sync gmail.
  7. Pada tahap ini, email Anda sekarang sudah sinkronisasi secara otomatis.
Baca Juga :  Cara Memperpendek Link Google Form

Pastikan juga bahwa sinkronisasi pada perangkat android harus aktif. Biasanya android mempunyai izin aplikasi mana saja yang boleh melakukan sinkronisasi secara otomatis. Untuk melakukan hal ini atau mengecek apakah aplikasi Gmail anda sudah memiliki izin untuk sinkronisasi otomatis apa belum. Maka lakukan langkah langkah berikut iini.

  1. Buka aplikasi setelan atau pengaturan pada hp android Anda.
  2. Kemudian pilih account & sync
  3. Jika belum mengaktifkan -sync data maka aktifkan terlebih dahulu.
  4. Pastikan bahwa pada menu ini tersedia akun email Anda, karena jika belum ada maka gmail Anda belum bisa sinkronisasi secara otomatis.
  5. Jika akun gmailnya belum ada, maka Anda harus menambhakannya terlebih dahulu dengan cara tambahkan akun pada bagian paling bawah halaman. Kemudian pilih google, lakukan login ulang emailnya.
  6. Pada tahap ini emailAnda sudah otomatis sinkronisasi.

Selain dengan melakukan pengaturan baik pada aplikasi gmail dan setelan. Ada beberap tips agar sinkronisasi gmail bisa berjalan terus tanpa hambatan. Pastikan beberapa hal ini jangan sampai terlewat yah.

Lakukan Update Aplikasi Supaya Sinkronisasi Gmail Otomatis

Hal ini bisa menjadi penyebab lho aplikasi ini tidak sinkronisasi otomatis karena versi aplikasi yang sudah lama dan tidak pernah update. Masalah seperti ini yang bisa menimbulkan bug atau error pada aplikasi. Jadi mulai sekarang lakukan update setiap kali pihak gmail melakukan update apikasinya.

Pastikan Perangkat Terhubung Dengan Internet agar Proses Sinkronisasi Gmail Lancar

Gimana mau muncul notifikasi email masuk di hp kalian jika tidak ada jaringan internet. Hal sepele gini yang bisa menyebabkan aplikasi tidak melakukan sinkronisasi. Sebab syarat untuk sinkronisasi otomatis harus terhubung ke jaringan internet.

Pastikan Tempat Penyimpanan Tidak Penuh

Memori penuh merupakan satu dari beberapa faktor aplikasi gmail gagal memuat pesan masuk. Sering kali notifikasi peringatan memori penuh sering terabaikan oleh penggunanya sebab nggak begitu kelihatan dampaknya.

Baca Juga :  Cara Verifikasi 2 Langkah Gmail

Namun untuk aplikasi yang berisi pesan masuk dan keluar, penyimpanan merupakan satu faktor aplikasi berjalan lancar. Dengan memori yang penuh, maka data, file, pesan yang masuk tidak dapat tertampung. Sebab sudah tidak ada lagi bagian memori yang kosong.

Nah itulah beberapa tips dan cara sinkronisasi gmail secara otomatis di hp android. semoga bermanfaat.

Leave a Comment