Cara Transfer GoPay ke DANA Tanpa Rekening Bank Terbaru 2022

Cara transfer GoPay ke DANA patut diketahui apabila kamu menggunakan salah satu atau kedua dompet digital tersebut. Dengan begitu, kamu jadi lebih mudah dalam melakukan transaksi online, seperti beli makanan online, bayar belanjaan, cicilan dan lain sebagainya.

Meski langkah-langkahnya mudah, beberapa orang masih belum memahaminya. Apabila kamu termasuk salah seorang yang butuh panduan, pastikan simak sampai akhir pembahasan sebagai berikut!

Syarat Kirim Dana dari GoPay

Fitur transfer bisa digunakan oleh semua pengguna secara gratis, asalkan memenuhi persyaratan yang berlaku. Salah satunya memiliki akun GoPay Plus. Jika belum memilikinya, kamu perlu meng-upgrade akun terlebih dulu.

Adapun dokumen yang perlu disiapkan adalah kartu identitas. Untuk WNI bisa gunakan e-KTP. Apabila WNA mau mendaftar, hanya paspor yang dibutuhkan. Setelah semuanya siap, mari ikuti langkah-langkah meng-upgrade ke akun GoPay Plus sebagai berikut:

  1. Jalankan aplikasi Gojek pada ponsel kamu.
  2. Arahkan ke fitur GoPay.
  3. Masuk ke menu Eksplor.
  4. Klik menu Fitur lainnya. Pilih Plus.
  5. Lalu, ketuk Upgrade Sekarang.
  6. Unggah swafoto dengan kartu identitas. Pastikan pencahayaan baik dan tulisan pada e-KTP terlihat jelas.
  7. Jika sudah, klik Kirim Dokumen.
  8. Periksa kebenaran data.
  9. Tunggu sampai proses selesai. Dokumen yang diajukan akan diproses selama 1×24 jam.

Kamu juga bisa mengecek status pengajuan melalui menu Eksplor > Pengaturan > Lengkapi Data. Apabila pengajuan ditolak, pastikan kamu mengikuti instruksi yang pada aplikasi dan ajukan ulang. Bisa jadi karena foto swafoto dengan e-KTP yang kamu kirim tidak sesuai.

Baca Juga :  4 Cara Berlangganan Netflix

 

Cara Transfer GoPay ke DANA Tanpa Rekening

Apabila akun kamu sudah GoPay Plus, itu artinya kamu bisa mengirim uang ke dompet digital lainnya. Untuk pembahasan kali ini, mari pahami cara transfer ke DANA. Siapa yang tidak kenal DANA? Dompet digital ini termasuk favorit masyarakat berkat fiturnya. Untuk transfer dana, ikuti caranya di bawah ini:

  1. Luncurkan aplikasi Gojek.
  2. Masuk ke menu Lainnya.
  3. Klik tombol Tarik.
  4. Pilih Tambahkan Bank Lain. Kemudian, tekan Bank CIMB Niaga UUS.
  5. Ketik nama penerima akun DANA pada kolom Nama Pemilik Rekening.
  6. Masukkan kombinasi kode 8059 + nomor telepon yang digunakan akun DANA.
  7. Jika sudah, klik ikon tanda centang dan pilih Simpan.
  8. Masukkan jumlah uang yang mau dikirim. Sedikit informasi, transaksi harus pas atau melebihi transaksi minimum, yaitu 000.
  9. Klik Tarik untuk melanjutkan.
  10. Konfirmasi transaksi dengan memasukkan PIN
  11. Tunggu sampai muncul pemberitahuan bahwa transaksi berhasil. Selesai.

 

Cara Transfer GoPay ke DANA dari Aplikasi DANA

Selain menggunakan aplikasi GoPay, kamu bisa menggunakan DANA untuk transfer saldo GoPay. Caranya tidak jauh berbeda dengan cara sebelumnya. Untuk itu, kamu perlu mendapatkan kode rekening DANA dulu. Simak panduan lengkapnya di bawah ini:

  1. Jalankan aplikasi DANA.
  2. Pilih menu Isi Saldo.
  3. Ketuk Bank BRI pada opsi metode top up yang tersedia.
  4. Lalu, salin atau catat kode yang muncul.
  5. Tutup DANA, dan buka Gojek,
  6. Tekan menu Lainnya yang berada di kanan atas. Pilih opsi Tarik.
  7. Klik pada metode Ke Rek Bank. Ketuk opsi Transfer Instan ke Rek Baru.
  8. Kemudian, ketukBRI. Masukkan kode yang disalin sebelumnya.
  9. Tekan Verifikasi untuk melanjutkan.
  10. Periksa apakah keterangan yang muncul sesuai atau belum. Jika sesuai, pilih Lanjut.
  11. Isi jumlah uang yang mau dikirimkan.
  12. Klik Lanjut. Lalu pilih Konfirmasi setelah pasti nominal sesuai dengan yang mau ditransfer.
  13. Selesaikan transfer dengan memasukkan PIN
  14. Buka DANA dan cek apakah uang yang dikirim sudah masuk atau belum.
Baca Juga :  Cara Daftar Shopee Food Driver

 

Berapa Biaya Admin Transfer GoPay ke Dana?

Untuk yang penasaran, GoPay mengenakan biaya admin per transaksi yang dilakukan. Adapun jumlahnya yaitu Rp2.500 rupiah. Ketentuan ini tertuang pada situs resminya sendiri. Jadi, pastikan ada uang lebih ketika mau transfer uang ke bank lain. Jika tidak, transfer bisa gagal.

 

Berapa Limit Transaksi DANA?

Jika kamu termasuk orang yang sering melakukan transaksi rutin, pastikan tahu limit transaksi yang ditetapkan DANA. Berdasarkan laman Pusat Bantuan DANA, pengguna premium maupun non-premium tidak dikenakan limit transaksi per hari. Melainkan, limit dihitung secara per bulan.

Untuk pengguna non-premium, limit transaksi dibatasi hingga Ro2 juta. Sedangkan batasan uang masuk yang ditetapkan adalah Rp20 juta.

Pengguna premium mendapatkan limit yang lebih besar, yaitu Rp20 juta. Akan tetapi, akun premium bisa menerima dana hingga Rp40 juta pada setiap bulannya.

 

Manfaat Menggunakan Dompet Digital

Popularitas dompet digital terus meroket seiring waktu. Fungsinya membuat segala transaksi jadi praktis, cepat dan bisa dilakukan di mana saja. Berikut adalah segudang manfaat yang kamu dapatkan jika menggunakan DANA dan GoPay:

1. Transaksi Semakin Cepat dan Praktis

Hampir setiap orang tahu betapa praktis penggunaan dompet digital di era saat ini. Pembayaran atas suatu barang atau layanan bisa dilakukan dengan cepat. Dan semuanya dilakukan melalui ponsel saja. Tentunya ini menawarkan kepraktisan bagi orang yang tidak punya waktu.

Pengguna dompet digital juga tidak perlu membawa uang fisik berlebihan, yang mana terkadang mengundang pencuri, atau hilang akibat kecerobohan. Dengan dompet digital, kamu hanya perlu scan kode QR.

 

2. Tidak Dikenakan Biaya Tambahan

Membayar dengan dompet digital akan membuat pengeluaran lebih hemat. Biasanya, uang kembalian dipotong oleh hal-hal tertentu.

Baca Juga :  Cara Melihat Pesanan di TikTok Shop dengan Mudah

Itulah mengapa kamu bisa mengikuti cara transfer GoPay ke DANA untuk mengisi saldo. Dengan begitu, jumlah yang dibayarkan sesuai dengan nominal produk yang kamu beli.

 

3. Banyak Promo Menarik

Tak heran, banyak pengguna dompet digital yang betah menggunakan layanannya. DANA dan GoPay adalah contoh dari dompet digital yang menawarkan promo besar-besaran. Ada voucher diskon, cashback dan lain sebagainya.

Selain itu, setiap bulannya pengguna DANA Premium mendapatkan layanan gratis tarik saldo sebanyak 10 kali. Tanpa penawaran tersebut, kamu akan dikenakan Rp4.500 per transaksi.

Bahkan merchant-merchant tertentu juga memberikan promo menarik apabila kamu membayar dengan dompet digital.

 

4. Uang Terlindung

Uang lebih aman disimpan pada dompet digital yang diawasi oleh OJK dan keamanannya dijamin oleh Bank Indonesia.

Apalagi, untuk mengakses akun, kamu harus memasukkan kode keamanan, seperti kata sandi atau PIN. Andai ponsel kamu dicuri atau hilang, uang yang disimpan di dompet digital tetaplah aman.

 

5. Transaksi Fleksibel

Di era serba canggih saat ini, kamu tidak perlu ke luar dari rumah untuk membayar sesuatu. Belanja online, bayar tagihan listrik, air, BPJS Kesehatan dan lain sebagainya bisa dilakukan melalui dompet digital. Dalam satu aplikasi ini, hampir semua pembayaran bisa terpenuhi.

Teknologi ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki jadwal padat. Tinggal buka ponsel dan klik-klik saja, pembayaran pun langsung selesai. Dengan begitu, kamu tidak didenda akibat terlambat membayar tagihan.

 

6. Tidak Ada Biaya Admin

Uang di bank selalu dipotong per bulan untuk biaya administrasi. Tidak halnya apabila kamu menyimpan di dompet digital. Jumlah uang tetap sama, meski sudah berbulan-bulan.

Jika kamu mau mengirim uang, pastikan perhatikan baik-baik cara transfer GoPay ke DANA terbaru. Hubungkan ponsel ke koneksi internet stabil supaya transfer tidak gagal.

Leave a Comment