Cara Translate di Google Drive

Google Drive adalah layanan Google yang memudahkan Anda untuk menyimpan berbagai file dokumen dengan basis online secara gratis. Google Drive sendiri sudah diluncurkan sejak tahun 2021. Kapasitas penyimpanan yang tersedia bisa di akses hingga 15GB, bisa lebih besar dengan basis berbayar. Kini anda juga bisa ikuti cara translate di google drive.

Bisa dikatakan fitur yang terdapat di Google Drive memberikan Anda kemudahan untuk menyimpan berbagai file secara mudah dan praktis. Karena jika Anda menyimpan dalam bentuk fisik misalnya flashdisk atau hardisk resiko kehilangan data sangat besar kemungkinannya.

Bagi Anda yang sering menyimpan file melalui google drive, pasti sangat familiar dengan salah satu fiturnya yaitu bisa menerjemahkan dokumen dari satu bahasa ke bahasa lainnya. Google Drive bisa di akses melalui perangkat komputer, laptop, bahkan ponsel sekali pun. Terlebih cara translate di google drive sangat mudah sekali anda lakukan.

Tahapan Cara Translate Di Google Drive

File dokumen yang akan terjemahkan bisa dalam bentuk format PDF, TXT, DOC, PPT, XLS, DOXC, PPTX, XLSX, dokumen format google, atau file format RTF. Setelah terhubung dengan google drive, berikut ini tahapan cara translate di google drive :

  • Sebelum melakukan translate menggunakan fitur google drive, hal pertama yang anda lakukan adalah login terlebih dahulu akun Gmail Anda, kemudian masuk ke Google Drive. Anda tidak harus melakukan pendaftaran secara manual karena jika sudah memiliki akun Gmail, maka secara otomatis terhubung dengan Google Drive.
  • Setelah berhasil masuk ke dalam google drive, Anda dapat membuat folder baru apabila akan menghubungkan data Anda ke data yang lainnya, atau upload New File. Selanjutnya pilih file dokumen PDF yang akan di translate menggunakan Google Drive, kemudian upload file dengan cara Klik New dan Klik File Upload.
  • Tahapan berikutnya yang Anda lakukan adalah, pilih File Dokumen PDF lalu Klik Open dan tunggu hingga proses upload selesai.
  • Kemudian setelah proses upload selesai, berikutnya buka file dokumen yang sudah di upload tersebut, Klik Kanan Dokumen lalu Klik Google Docs.
  • Setelah file dokumen terbuka, Klik menu Tool yang terdapat pada toolbar perangkat Anda kemudian pilih Translate Document.
  • Cara translate di google drive selanjutnya, Anda tinggal memilih dokumen yang akan di translate ke dalam bahasa sesuai keinginan Anda. Tidak ada ketentuan berapa maksimum halaman yang bisa di translate di Google Drive. Jika ingin proses cepat dan hasil translate tidak berantakan, maka sebaiknya jangan terlalu banyak halaman yang di upload.
  • Tunggu beberapa saat sampai proses translate file dokumen Anda selesai, selanjutnya file dokumen Anda akan muncul dan beralih ke dalam bahasa yang telah tersesuaikan.
  • Tahapan terakhir yaitu Anda simpan dokumen yang telah berhasil di translate, caranya adalah dengan Klik File kemudian Klik Download. Pilih format file yang anda inginkan, dengan demikian proses translate dokumen pun telah selesai anda lakukan. Karena hasil translate terkadang kurang akurat, maka Anda harus memeriksa terlebih dahulu hasilnya.
Baca Juga :  Cara Melihat Password Gmail yang Lupa, Mudah Banget

Beberapa Manfaat Lain Google Drive

Selain untuk keperluan translate, dalam ulasan ini perjelaskan pula berbagi manfaat lainnya dari Google Drive untuk mempermudah pekerjaan Anda, yaitu :

Menyimpan File

Google Drive berfungsi menyimpan file atau dokumen bahkan yang bersifat pribadi sekalipun, dapat di lakukan di mana saja asal terhubung dengan koneksi internet yang stabil. Begitu juga dengan keamanan yang di berikan Google bisa terjamin kerahasiaanya.

Berbagi File

Bila Anda kesulitan mengirim file dalam ukuran besar, Google Drive solusinya. Anda bisa dengan mudah dan cepat berbagi file dalam ukuran besar sekaligus kepada orang – orang tertentu. Anda cukup menggugah file ke Google Drive, kemudian membagikannya melalui link yang tersedia di Google.

Bisa Untuk Konversi Dokumen

Saat melakukan pekerjaan Anda pasti perlu berbagi file dokumen dengan rekan Anda, terkadang file tersebut sudah memiliki program lain yang sama. Melalui Google Drive, bila dokumen Anda dalam format yang benar, file dapat dengan mudah menjadi Google Dokumen. Kemudian bisa terbagikan dan di edit secara kolaboratif.

Membuat dan Mengedit File

Belum banyak orang yang mengetahui fungsi Google Drive satu ini. Melalui Google Drive, Anda bisa membuat atau mengedit file dalam bentuk Word, Excel, dan Power Point. Hasil nya otomatis  tersimpan di Google Drive. Membuat lembar kerja baru sangat memungkinkan anda lakukan, tidak hanya komputer, perangkat Android pun memiliki akses menggunakan fitur ini secara gratis.

Membuat Catatan

Mencatat sesuatu yang penting bisa Anda manfaatkan juga di Google Drive. Melalui Google Keep Anda bisa menyimpan catatan di Google Drive.

Menyimpan Link

Ketika Anda sedang membuka link dari sebuah situs, seringnya Anda ingin membaca atau membuka link tersebut. Google drive bisa menjadi solusi hal tersebut, Anda bisa menyimpan link cukup memasang ekstensi Google Drive di Google Chrome. Selanjutnya klik ikon segitiga pada browser untuk menyimpan link. Bila link berada di tengah halaman, Anda dapat menyimpan dengan cara klik kanan pada link, lalu pillih “Save Link to Google Drive”.

Baca Juga :  Cara Daftar Google Bisnis dengan Mudah

Backup File

Anda dapat melakukan backup semua dokumen yang tersimpan di perangkat komputer dan ponsel tanpa takut terkena virus.

Backup Chat dari WhatsApp

Kelebihan Google Drive dapat mencadangkan chat dan media WhatsApp. Saat Anda mengganti perangkat ponsel, Anda dapat mentransfer melalui Google Drive riwayat chat dan media yang terdapat di WhatsApp sehingga data Anda tidak akan hilang. Caranya Pilih Menu >Setelan>Chat>Cadangan Chat, kemudian pilih cadangkan ke Google Drive dan frekuensi cadangan pilih selain jangan pernah. Gunakan fasilitas Wifi jika data yang di cadangkan ukurannya dalam jumlah besar.

Mengakses Fitur Google Lainnya

Link atau tautan Google drive dapat terhubung langsung dengan layanan Google lainnya seperti Gmail, Google Plus, Google Browser. File dalam bentuk foto dan video di Google Drive secara otomatis akan tersimpan pula di layanan Google Plus.

Penutup

Banyak sekali hal yang bisa Anda lakukan dengan Google Drive. Cara translate di google drive yang mudah dan tidak sesulit yang dibayangkan, sehingga Anda tidak perlu repot lagi melakukan translate dokumen secara manual.

Bagi Anda yang masih sedikit paham kosakata Bahasa lain, ulasan ini bisa menjadi solusi terbaik Anda. Mudah dilakukan, tidak memakan banyak waktu, sangat membantu Anda dalam meringankan kegiatan pekerjaan, tugas sekolah, dan tugas kuliah.

Perlu Anda ketahui juga kemampuan penelurusan Google yang canggih dihadirkan pula dalam layanan Google Drive. Penelurusan Drive membantu Anda menemukan file secara tepat tanpa memakan waktu banyak, sehingga sangat membantu pekerjaan Anda.

Kesimpulan dari ulasan di atas, Google Drive merupakan layanan Google yang sangat populer. Berbagai fungsi dalam Google Drive bisa digunakan dengan maksimal untuk kebutuhan pekerjaan dan personal Anda.

Baca Juga :  Cara Membuat Gmail Baru di Hp dan PC, Cuma 5 Menit

Leave a Comment