Cara Verifikasi 2 Langkah Gmail

Cara Verifikasi 2 Langkah Gmail – Google Mail adalah salah satu layanan Google yang terfokus pada surel. Namun, akun Gmail atau Google Mail dapat kita gunakan pada berbagai aplikasi. Khususnya untuk aplikasi dalam lingkup layanan Google.

Dengan satu akun Gmail, kita dapat mengakses berbagai aplikasi seperti YouTube, Drive, Maps, Gmail, dan lain sebagainya. Terbayangkan berapa banyak informasi anda yang dapat diakses hanya dengan satu akun Gmail saja. Pada era digital ini, kejahatan cyber sering kali terjadi.

Mulai dari penipuan, pemalsuan identitas, hingga hacker yang marak terjadi. Hal tersebut dapat terjadi karena password akun yang berhasil mereka bobol. Akun Gmail menyimpan banyak informasi dan akses sehingga tidak luput dari kejahatan cyber tersebut.

Apa itu Verifikasi 2 Langkah

Apa itu verifikasi2 langkah Gmail? Seperti yang kita tahu, Gmail menyimpan akses dan data yang menyangkut dengan informasi pribadi pemilik akun. Sehingga, akun Gmail pun tidak luput dari risiko kejahatan cyber atau pembobolan data dengan berbagai cara.

Nah, menyikapi hal tersebut Google menghadirkan fitur verifikasi 2 langkah pada Gmail. Verifikasi 2 langkah ini adalah autentikasi keamanan akun untuk menambahkan lapisan keamanan ekstra.Dengan adanya fitur ini, akan mengurangi risiko pembobolan kata sandi atau password.

Ketika anda login pada akun Gmail, maka anda harus melakukan proses verifikasi 2 langkah yang meliputi kata sandi atau password serta verifikasi ponsel yang anda gunakan. Lapisan keamanan ini terbukti mampu menurunkan risiko pembobolan akun melalui kata sandi akun.

Baca Juga :  Cara Melihat Password Gmail yang Lupa, Mudah Banget

Pentingnya Verifikasi 2 Langkah

Seberapa pentingkah verifikasi 2 langkah untuk keamanan akun Gmail? Jawabannya tentulah sangat penting. Teknologi yang semakin canggih mengakibatkan kejahatan tidak lagi kita temui secara terang- terangan. Orang- orang tidak bertanggungjawab tersebut mulai menyerang berbagai data dan informasi pribadi korban untuk keuntungan pribadi.

Gmail mempunyai akses yang luas. Tidak hanya akses pada e-mail saja, akun Gmail dapat mengakses berbagai aplikasi seperti Facebook, Twitter, Drive, Google Foto, Dokumen, dan lain sebagainya. Dengan akses yang sangat luas ini, perlindungan terhadap data yang ada pada akun- akun tersebut perlu kita lindungi.

Verifikasi 2 langkah merupakan cara untuk mencegah adanya pembobolan data dengan password dan alamat Gmail. Dengan melakukan verifikasi 2 langkah, pihak Google akan memastikan bahwa yang masuk pada akun tersebut benar- benar anda.

Bagaimana Cara Verifikasi 2 Langkah Gmail Bekerja?

Bagaimana cara verifikasi 2 langkah pada Gmail bekerja?  Google akan memastikan bahwa yang login pada akun Gmail adalah anda. Pada verifikasi 2 langkah, saat hendak login menggunakan Gmail. Seperti biasa anda harus memasukkan alamat gmail dan password.

Selanjutnya, ada langkah kedua yang harus anda lakukan agar bisa login ke akun Gmail. Langkah kedua ini berupa verifikasi yang berkaitan dengan ponsel anda. Terdapat 2 verifikasi yang biasa terjadi yaitu verifikasi melalui nomor HP dan perintah langsung dari Google.

Untuk memverifikasi melalui nomor HP, anda akan menerima kode unik dari Google melalui SMS. Kode inilah yang bisa anda gunakan pada langkah kedua. Jika anda menggunakan perintah Google, caranya lebih mudah sebab anda hanya perlu menekan tombol Ya pada ponsel.

Cara Verifikasi 2 Langkah Gmail

Lalu, bagaimana cara melakukan verifikasi 2 langkah pada Gmail? Berikut Penjelasannya.

Baca Juga :  Cara Logout Akun Gmail Di Semua Perangkat Dengan Mudah!

Pertama : Aktifkan Verifikasi 2 Langkah

Langkah pertama untuk menyiapkan verifikasi 2 langkah untuk mengamankan akun Gmail. Anda harus mengaktifkan fitur verifikasi 2 langkah ada akun Google. Untuk mengaktifkan fitur ini, anda hanya perlu melakukan hal berikut.

  • Pertama, bukalah browser pada ponsel anda.
  • Kemudian masuklah pada akun Google anda (akun Gmail). Jika anda mempunyai banyak akun Google, masuklah pada akun Gmail utama yang hendak anda aktifkan fitur verifikasi 2 langkahnya.
  • Selanjutnya, pada bagian panel pilihlah ‘Keamanan’.
  • Pada bagian Login ke Google, klik ‘Verifikasi 2 Langkah’, Ketuk Mulai.

Setelah memulai anda harus mengikuti proses pengaktifan verifikasi 2 langkah tersebut sampai selesai.

Kedua : Mempersiapkan Verifikasi 2 Langkah Gmail

Setelah mengetuk ‘Mulai’, anda akan mulai menyiapkan verifikasi 2 langkah untuk akun anda. Anda dapat memilih verifikasi jenis apa yang hendak anda gunakan. Verifikasi inilah yang nantinya akan menjadi keamanan kedua setelah memasukkan password dan alamat gmail pada saat login.

Langkah kedua inilah yang berfungsi untuk memastikan bahwa yang masuk pada alamat Gmail benar- benar anda bukan orang lain. Nah, berikut beberapa verifikasi yang dapat anda pilih.

Perintah Google

Jenis verifikasi 2 langkah yang pertama yaitu perintah Google. Jenis verifikasi ini tergolong sangat mudah dan lebih cepat. Sebab, anda hanya perlu mengetuk ‘Ya’ atau ‘Tidak’. Anda dapat mengetuk ‘Ya’ untuk mengizinkan login pada akun Gmail tersebut.

Anda dapat mengetuk ‘Tidak’ untuk menolak atau memblokir proses login tersebut. Apabila anda tidak merasa melakukan login pada akun Gmail. Perintah Google ini akan muncul pada ponsel utama yang terdapat akun Gmail anda serta perangkat lain yang terhubung dengan Gmail tersebut.

Untuk menggunakan perintah Google, anda memerlukan layanan google play terbaru. Cara menambahkan perintah Google. Masuklah pada halaman verifikasi 2 langkah > pada langkah kedua yang tersedia, tambahkan perintah Google.

Baca Juga :  Cara Membuat Link Google Meet
Kunci Keamanan

Kunci keamanan yang dimaksud adalah kunci keamanan fisik yang kompatibel dengan ponsel anda. Artinya, sebuah perangkat kecil yang dapat anda gunakan secara fisik untuk memverifikasi akun Gmail. Jenis verifikasi ini melindungi akun dari peretasan dengan serangan pishing.

Untuk menambahkan kunci keamanan bawaan ponsel dengan cara masuk ke menu keamanan > verifikasi 2 langkah > Kunci Keamanan > Panah Kanan> Tambahkan Kunci Keamanan > Tambahkan.

Google Authenticator

Google Authenticator merupakan salah satu aplikasi yang berfungsi khusus untuk melakukan verifikasi 2 langkah. Anda dapat mengunduh aplikasi ini pada play store. Cara ini dapat dilakukan pada ponsel android versi 4.4 dan lebih baru.

Untuk menambahkan Google Authenticator, pilih keamanan > Verifikasi 2 langkah > Tambahkan langkah kedua lainnya > Aplikasi Authenticator> Siapkan.

Verifikasi Nomor Hp

Melakukan verifikasi pada nomor Hp untuk login ke Gmail dapat dilakukan melalui SMS ataupun panggilan Suara. Google akan memberikan 6 digits angka (kode) melalui SMS maupun panggilan suara pada nomor HP aktif.

Anda hanya perlu memasukan 6 digits angka tersebut untuk memverifikasi bahwa itu anda. Sayangnya, cara ini juga masih tergolong rentan dalam peretasan nomor telepon.

Kode Cadangan

Cara berikutnya dengan kode cadangan. Kode ini berguna apabila ponsel anda hilang. Anda dapat mengambil alih akun anda dengan 8 digit kode cadangan dari Google. Cara mendapatkan kode ini yaitu pada Keamanan > Verifikasi 2 Langkah > Kode Cadangan > Mendapatkan Kode Cadangan> Dapatkan Kode Cadangan > Download Kode Cadangan.

Penutup

Demikian mengenai cara verifikasi 2 langkah pada akun Google atau Gmail. Sebaiknya anda segera menyiapkan verifikasi 2 langkah untuk mengankan akun anda dari risiko- risiko yang tidak terkendali.

Leave a Comment