Download Foto Instagram Ke Galeri dengan Mudah

Ketika sedang scroll scroll Instagram kemudian nemu foto atau video rasanya ingin sekali untuk menyimpan ke memori. Ada cara untuk download foto Instagram ke galeri agar bisa disimpan secara pribadi.

Sebenarnya aplikasi Instagram itu sendiri sudah menyediakan fitur untuk menyimpan dengan berbagai macam foto ke galeri. Termasuk juga membagikan foto Instagram dengan berbagai macam cara.

Apa itu Instagram

Sederhananya Instagram merupakan sebuah aplikasi sebagai media sosial yang berfokus dengan membagikan foto dan video pendek. Instagram merupakan salah satu produk dari Facebook atau meta dan kini telah menjadi aplikasi populer di Indonesia selain Tik tok dan Twitter.

Saat ini Instagram selalu memperbarui fitur-fitur menarik termasuk sekarang anda bisa membuat video pendek dengan berbagai macam efek unik.

Adapun beberapa contoh efek menarik dan populer saat ini untuk Instagram adalah Efek Filter Glow Up karya @niningxx, Efek Filter Jedag Jedug Yaiala Bangga karya @fijirapasyah_, Filler Devil Highlighter dari @carlitoscantero_, Efek Filter Flying Face @dvoshansky dan Efek Filter Beauty3000 karya @johwska.

Untuk mempersingkat waktu langsung saja pada pembahasan mengenai cara menyimpan foto Instagram ke galeri baik menggunakan aplikasi maupun melalui fitur yang tersedia oleh Instagram.

Download Foto Instagram Ke Galeri dengan dan Tanpa Aplikasi

Meski kamera bawaan HP sederhana dan tidak jernih yang kita bayangkan, ada banyak jenis efek yang bisa mempercantik sesuai keinginan kita melalui fitur Instagram.

Setelah mendapatkan hasil sebagus itu dan sedemikian rupa rasanya tidak enak jika kita tidak mendownload foto tersebut ke galeri. Bisa juga ketika sedang scroll foto dan video pendek di Instagram yang bagus rasanya tidak afdol jika kita tidak menyimpannya ke galeri.

Baca Juga :  Cara Menambahkan Filter Di Instagram

Singkat saja berikut cara download foto Instagram ke galeri baik menggunakan aplikasi tambahan maupun melalui fitur yang tersedia oleh aplikasi Instagram:

Cara Download Foto Instagram Tanpa Bantuan Aplikasi Tambahan

Untuk cara pertama ini yaitu melakukan proses download foto ke galeri tanpa membutuhkan aplikasi tambahan. Terdapat 3 macam cara yang bisa anda lakukan yaitu sebagai berikut:

Melalui Fitur Aplikasi Instagram

Cara pertama dari panduan download foto Instagram yaitu menggunakan fitur bawaannya. Jadi anda tidak perlu download aplikasi tambahan untuk ini. Langsung saja simak berikut caranya:

  • Buka aplikasi Instagram.
  • Cari foto atau video yang ingin anda download ke galeri.
  • Ketika sudah menemukan foto atau video silahkan klik tombol tiga titik di sebelah atasnya gambar.
  • Terdapat tombol simpan dan silahkan klik tombol tersebut agar tersimpan di galeri.
  • Jika tidak ada silakan ketuk bagikan kemudian arahkan ke galeri atau file manager atau bisa juga ke WhatsApp. Setelah terkirim ke WhatsApp Anda bisa menyimpannya ke galeri.

Jika cara pertama ini menurut anda sulit maka bisa mencoba memakai cara selanjutnya yaitu memanfaatkan fitur screenshot dari bawaan HP.

Melalui Fitur Screenshot

Screenshot merupakan sebuah aktivitas pengambilan gambar dengan cara merekam seluruh gambar yang sedang aktif saat itu. Jika ingin mengambil gambar atau foto pada saat membuka foto di Instagram, Anda bisa menyimpannya ke galeri.

Setiap HP memiliki cara masing-masing dalam melakukan screenshot. Jadi mungkin pada acara ini anda belum bisa melakukannya dengan tepat. Untuk lebih detailnya mengenai cara screenshot untuk menyimpan atau download foto Instagram sebagai berikut :

  • Untuk HP Samsung yaitu dengan cara mengusap dari kelima jari mengarah ke samping seluruh layar.
  • Untuk HP Xiaomi bisa dengan menekan tombol volume plus power persamaan atau bisa juga dengan menggeser 3 jari dari atas ke bawah.
  • Untuk HP iPhone bisa menggunakan status bar dengan cara menggeser dari bawah ke atas kemudian mengetuk tombol screenshot.
  • Untuk HP Oppo bisa dengan menggeser tiga jari dari atas ke bawah.
  • Untuk HP realme bisa dengan cara menekan tombol volume ke atas dengan power bersamaan.
Baca Juga :  Cara Share Link Instagram, Yuk Simak Informasinya

Untuk beberapa HP lainnya yang tidak tertulis di atas bisa mengikuti cara salah satu dari HP di atas. Setiap beberapa HP mulai dari berbagai macam tipe kemungkinan besar untuk download foto Instagram ke galeri bisa dengan cara screenshot.

Setelah foto di Instagram sudah di screenshot anda bisa melakukan crop untuk menyesuaikan dengan ukuran foto. Meski resolusi dan kualitas foto tidak sesuai dengan aslinya setidaknya Anda bisa mendownload foto dengan mudah ke galeri.

Melalui Situs DownloadGram

Sebagai wawasan tambahan untuk hal ini yaitu bisa menggunakan situs downloadgram. Untuk informasi detailnya berikut cara download foto di Instagram melalui situs downloadgram :

  • Buka aplikasi Instagram dan cari foto yang ingin anda download ke galeri.
  • Silakan ketuk ikon 3 titik sebelah atas gambar kemudian pilih salin tautan.
  • Sekarang tutup atau minimalis kemudian buka aplikasi browser misalnya Google chrome. Pastikan data internet ada.
  • Buka situs com melalui Google chrome baik menggunakan HP maupun komputer.
  • Langsung paste link Instagram yang baru saja anda salin ke yang ada.
  • Di perangkat HP biasanya dengan menekan lama pada kolom pencarian kemudian ketuk tombol paste sedangkan ketika buka di komputer yaitu dengan klik kanan kemudian tempel ke kolom yang ada.
  • Sekarang ketuk download kemudian tunggu prosesnya hingga terdapat tombol ‘Download Image’.
  • Klik tombol tersebut.

Sebagai catatan jika anda dialihkan ke halaman lain sebaiknya tutup saja dan jangan pernah mengikuti halaman lain termasuk popup halaman baru. Agar lebih nyaman sebaiknya gunakan extension atau plugin Adblock untuk menghilangkan iklan.

Cara Download Foto Instagram Pakai Bantuan Aplikasi Tambahan

Pada tahap ini sangat cocok untuk Anda pengguna HP baik Android maupun iPhone yang ingin melakukan download gambar Instagram dengan mudah termasuk videonya.

Baca Juga :  Ukuran Feed Instagram untuk Foto dan Video

Ada banyak sekali jenis aplikasi yang menyediakan fitur untuk download foto Instagram ke memori internal. Salah satu aplikasi tambahan untuk download foto ini yang paling populer adalah InstaSave, Fastsave, Quick Save dan lain sebagainya. Ringkasnya simak berikut caranya:

  • Pastikan punya aplikasi FastSave dan jika belum punya silahkan download aplikasinya terlebih dahulu di Google play store.
  • Seperti pada acara sebelumnya yaitu buka aplikasi Instagram kemudian pilih foto yang ingin anda download ke galeri.
  • Salin linknya dengan cara ketuk tiga titik sebelah atasnya gambar kemudian ketuk salin tautan.
  • Sekarang kembali ke aplikasi InstaSave, silahkan dibuka.
  • Silakan paste dengan mengetuk dan menahan beberapa detik di kolom pencarian kemudian pilih paste.
  • Setelah itu ketuk enter atau cari dan tunggu beberapa detik hingga preview foto yang ingin anda download muncul.
  • Silahkan download dan simpan foto tersebut ke galeri.

Sebenarnya ada banyak aplikasi lain yang mendukung fitur download foto Instagram ke galeri. Cukup manfaatkan dari beberapa cara di atas khususnya melalui fitur bawaan Instagram. Jadi anda tidak perlu download aplikasi tambahan atau membuka browser dan tidak perlu screenshot yang cukup merepotkan.

Leave a Comment