Link Google Drive: Tutorial dan Ulasan

Link Google Drive dapat Anda gunakan sebagai alat utama dalam membagikan data. Dengan link tersebut, Anda dapat memberi akses data pada orang-orang yang dikehendaki.

Metode bertukar dan berbagi file dengan link Google Drive menjadi cara yang lazim saat ini. Dengan metode tersebut, beberapa orang dapat memiliki akses pada satu penyimpanan yang sama.

Cara tersebut membuat penggunaan ruang penyimpanan menjadi lebih hemat. Dalam pengembangannya, Google Drive juga mendukung ruang kerja bersama pada satu penyimpanan.

Link Google Drive

Setiap data yang tersimpan di dalam layanan Google Drive memiliki link akses tersendiri. Link akses tersebut berbeda satu sama lain. Sehingga data tidak akan tertukar antara pengguna.

Link yang unik tersebut juga dapat Anda manfaatkan untuk berbagi data. Membagikan data dari layanan Google Drive menjadi langkah yang efisien dan hemat. Sebab Anda tidak perlu menyediakan media penyimpanan konvensional.

Dengan link Google Drive, Anda dapat terbebas dari ukuran perangkat penyimpanan yang dapat dengan mudah rusak akibat terbentur, hilang, atau tertinggal di tempat tertentu.

Namun di sisi lain, Anda juga perlu terhubung dengan internet untuk mengakses link Google Drive. Sehingga terdapat beberapa keterbatasan pada wilayah yang tidak begitu mendapat dukungan akses internet.

Cara Membuat Link Google Drive

Anda dapat membuat link untuk Drive dari smartphone dan komputer. Pada versi smartphone, Anda dapat langsung menuju ke aplikasi Drive yang telah terpasang secara otomatis.

Sementara pada komputer, Anda bisa membuat link Google Drive dari web browser. Adapun panduannya dapat Anda amati pada ulasan berikut.

Baca Juga :  Cara Sinkronisasi Gmail Pada Hp Android Dengan Mudah

Buat Link Google Drive dari Android

Sebelum membuat link Google Drive, pastikan smartphone Anda terhubung dengan internet. Sebab layanan Google Drive membutuhkan koneksi internet untuk akses data.

Apabila telah terhubung dengan internet, Anda dapat mulai mengikuti langkah-langkah berikut untuk membuat tautan akses ke data Google Drive.

  • Buka aplikasi Drive;
  • Buka tab ‘File’;
  • Temukan file yang akan Anda bagikan;
  • Tap titik tiga di sisi kanan-bawah file pilihan; dan
  • Pada menu yang muncul, pilih ‘Copy link’.

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, Anda telah menyalin link dari file yang tersedia di dalam Google Drive. Anda bisa menempelkan (paste) tautan data Google Drive tersebut ke catatan ataupun membagikannya langsung ke pihak yang Anda tuju.

Pada pengaturan akses file, terdapat beberapa opsi untuk membatasi akses pengguna lain. Terdapat tiga peran umum yang tersedia dalam layanan Google Drive, yakni:

  • Pemilik;
  • Editor; dan
  • Pelihat (viewers).

Pemilik dapat melakukan seluruh operasi pada file terkait. Hal tersebut termasuk memindahkan, menghapus, dan mengedit data pada layanan Google Drive. Sementara editor hanya dapat melakukan pengubahan terbatas pada data yang aksesnya dibagikan oleh pemilik.

Pada peran pelihat data, Anda hanya dapat melihat data tanpa bisa melakukan perubahan apapun. Hal tersebut termasuk pada kondisi pemilik menghapus data, maka pelihat juga akan kehilangan akses secara otomatis.

Sebelum membagikan link Google Drive, sebaiknya Anda mengatur beberapa informasi tersebut. Tujuannya agar Anda tidak mengalami penyalahgunaan data akibat membagikannya pada pihak yang tidak bertanggung jawab.

Buat Link Google Drive dari Komputer

Berbeda dengan versi Android, layanan Google Drive di komputer tidak menyediakan aplikasi khusus. Anda dapat mengakses Google Drive dari aplikasi web browser seperti Chrome.

Pada akses dari perangkat komputer, terdapat beberapa penyederhanaan opsi dari versi Android. Hal tersebut menempatkan pengelolaan yang lebih efisien bagi pengguna komputer.

Baca Juga :  Cara Membuat Gmail Baru di Hp dan PC, Cuma 5 Menit

Adapun tahapan yang dapat Anda ikuti untuk membuat link Google Drive, antara lain:

  • Buka web browser, misal Chrome;
  • Buka halaman Google Drive di link berikut;
  • Temukan file yang akan Anda bagikan;
  • Klik kanan pada file pilihan; dan
  • Pilih menu ‘Get Link’.

Setelah mengikuti prosedur tersebut, akan terdapat menu pop-up yang Anda temui. Pada menu tersebut, terdapat beberapa opsi membagikan link yang dapat Anda pilih di sisi kiri-bawah.

Tekan tombol ‘Copy Link’ untuk menyalin link Google Drive. Anda bisa membagikan link tersebut di media sosial, layanan pesan, dan berbagai cara lainnya.

Pengguna internet yang memiliki tautan tersebut akan mendapat akses ke data Google Drive Anda. Namun Anda juga dapat membatasi aksesnya serupa dengan versi smartphone.

Pada menu yang sama, Anda juga akan menemukan opsi untuk memasukkan alamat email. Opsi tersebut akan mengirimkan email akses secara otomatis pada alamat yang Anda sisipkan.

Fitur tersebut sangat bermanfaat untuk membagikan data secara personal dan terbatas. Penerapannya dapat terjadi pada pengiriman tugas, promo konsumen khusus, dlsb.

Fungsi ini juga dapat Anda temukan pada menu ‘Share’ yang tersedia dalam versi aplikasi Android. Pada menu tersebut, Anda dapat mengatur peran dan kewenangan pengguna bersangkutan atas file yang Anda bagikan.

Anda memiliki kendali penuh atas data yang dibagikan dalam layanan Google Drive. Hal tersebut menjadi cara meminimalkan penyalahgunaan data dan pembajakan.

Tips Keamanan Menoperasikan Link Google Drive

Layanan Google Drive memberikan berbagai kemudahan dalam pekerjaan dan rutinitas kehidupan sehari-hari. Dengan layanan tersebut, perangkat penyimpanan data fisik hampir tidak Anda butuhkan.

Hal tersebut dapat Anda amati dengan menurunnya penggunaan flash drive, hard disk external, dan berbagai model penyimpanan sekunder lainnya. Meski beberapa bidang tetap akan selalu membutuhkannya.

Namun di sisi lain terdapat berbagai tantangan dalam menggunakan layanan Google Drive. Khususnya dalam akses antar pengguna pada data-data yang tersimpan.

Baca Juga :  Cara Menyalakan 2FA Google dengan Mudah

Secara umum, Google Drive tidak membagikan data pengguna kepada pihak lain tanpa izin. Namun Anda bisa saja melakukan kesalahan dalam prosesnya. Hal tersebut dapat berakibat kehilangan data, penyalahgunaan informasi, dan berbagai risiko lain.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, Anda dapat menyimak beberapa ulasan berikut ini.

Perhatikan Tujuan Penggunaan Data

Google Drive telah diadopsi hampir pada seluruh kebutuhan transaksi data. Anda bisa saja menggunakannya pada smartphone untuk pemakaian pribadi. Di sisi lain, terdapat pelaku usaha yang juga menyimpan data transaksi di Google Drive.

Setiap tujuan penggunaan Google Drive akan memiliki kebutuhan pendekatan yang berbeda. Usahakan untuk tidak menggabungkan data pribadi, bisnis, pekerjaan, pendidikan, dan berbagai aktivitas lain dalam satu Akun Google.

Hal tersebut dapat berisiko besar apabila Akun Google Anda mengalami situasi peretasan atau pencurian data. Tidak selalu bersumber dari teknologi canggih, momen kehilangan perangkat smartphone dapat menjadi awal pencurian data yang berbahaya.

Bagikan Sesuai Kebutuhan

Dalam layanan Google Drive, terdapat beberapa modul untuk membagikan data sesuai dengan kebutuhan. Anda dapat membatasi pengguna lain untuk hanya bisa melihat atau mengedit.

Hindari memberi akses editor pada data-data yang tidak Anda kehendaki. Pada sebagian besar prosedur membagikan data, usahakan selalu membagikan data dengan izin akses hanya melihat.

Meski tampak rumit, prosedur ini menjadi pengamanan awal agar Anda tidak memberikan akses yang salah pada pihak yang tidak dikehendaki.

Batasi Akses yang Tidak Diperlukan

Utamakan membagikan link Google Drive untuk kebutuhan yang jelas. Hindari membagikan data-data yang tidak terlalu penting dengan Google Drive.

Sebagai gantinya, Anda bisa memanfaatkan layanan yang lebih publik seperti media sosial dan aplikasi perpesanan untuk transfer data dalam format yang lebih sederhana. ***

Kata Kunciminecraft java edition grindstone -

Leave a Comment