Ukuran Feed Instagram untuk Foto dan Video

Setiap gambar yang kita posting di Instagram pasti memiliki ukuran yang spesifik. Jadi tidak semerta-merta sesuai keinginan kita ketika mengupload gambar. Memperhatikan ukuran feed Instagram itu perlu agar lebih proporsional dan sesuai standar gambar yang dibuat oleh Instagram.

Jika kita tidak memperhatikan ukuran yang tepat untuk gambar yang kita upload di Instagram maka komposisi yang dilihat oleh pengunjung tentu tidak terkesan profesional. Hal ini juga dikarenakan setiap fit foto Instagram ketika dipandang tidak enak.

Apa itu Feed Instagram

Feed Instagram merupakan sebuah halaman profil yang berisi tentang foto dan video yang ada di Instagram. Dengan adanya feed Instagram maka orang lain ketika membuka halaman profil Instagram bisa langsung terlihat tanpa mencegah atau membuka menu lain.

Memperhatikan feed Instagram itu sangat penting jika pemilik profil tersebut adalah akun bisnis. Namun tidak salah jika akun pribadi atau personal ingin mengoptimasi ukuran feed Instagram agar terkesan lebih cantik dan orang lain betah mengunjungi profil akun Instagram anda.

Apa itu Rasio dan Ukuran dalam Instagram

Sebelum membahas pada ukuran feed Instagram yang tepat agar kita tidak salah nantinya lebih baik kenali dulu secara singkat mengenai Apa itu rasio dan ukuran. Mengingat masih banyak orang yang belum paham apa bedanya tentang rasio dan ukuran setiap gambar dalam Instagram.

Baca Juga :  Cara Menambahkan Link Di Story Instagram

Rasio

Istilah rasio di dunia desain merupakan perbandingan dua angka atau lebih yang merepresentasikan lebar gambar dengan tinggi gambar. Sebagai contoh bentuk ukuran rasio dalam gambar yaitu (2:1), (1:1), (16:9) dan lain sebagainya.

Penggunaan bentuk rasio bertujuan untuk mempermudah dalam membayangkan suatu gambar dengan bentuk dimensi seperti 2 banding 1 yang mana rasio tersebut bisa tertulis seperti 2048×1024. Sebagai contoh lain bentuk ukuran rasio 1:1 dengan ukuran 512×512.

Jika anda mengatur gambar atau video untuk Instagram dalam bentuk rasio hal ini cukup sulit dan kemungkinan untuk gambar pecah sering terjadi setelah diposting. Bagaimana dengan istilah ukuran khususnya untuk ukuran feed Instagram?

Ukuran

Ukuran atau dimensi memberitahukan seberapa besar suatu gambar terhadap kualitas file dengan ukuran. Istilah ukuran dalam gambar memiliki dua satuan yaitu dalam ukuran pixel dan mm, cm dan m.

Contoh bentuk ukuran gambar yang biasa orang pakai di Instagram yaitu :

  • Persegi (1080 x 1080 pixel)
  • Horizontal (1920×1080 piksel)
  • Vertical (1080×1920 piksel)
  • Portrait (1080×1350 piksel)
  • Lanskap (1080×608 piksel)

Bentuk ukuran feed Instagram tersebut adalah sebagai contoh namun setiap orang ketika memiliki gambar itu ukurannya berbeda-beda. Meski ukuran feed gambar Instagram tersebut persegi, namun gambar yang mereka hasilkan bermacam-macam seperti 512 x 512, 1080 x 1080, atau bahkan 100 x 100 dan lain sebagainya.

Namun setiap waktu Instagram selalu memperbarui spasi dan kebijakan khususnya dalam bentuk ukuran feed Instagram.

Ukuran Feed Instagram Terbaru untuk Foto, Video, Story dan Reels

Tidak seperti pada platform media sosial lainnya yang memiliki aturan terkait ukuran feed foto atau video masing-masing. Instagram juga memiliki aturan setiap ukuran gambar agar lebih sesuai dan enak dilihat.

Seperti contoh jika anda punya foto yang berukuran 500 banding 1000, hal ini akan kurang cocok jika anda mempublikasikan di halaman reels. Sah-sah saja untuk di upload di halaman reels, namun masih banyak ruang kosong dan ini cukup mengganggu penglihatan penonton.

Baca Juga :  Ukuran Post Instagram dalam Foto dan Video

Lalu berapakah ukuran yang tepat untuk feed Instagram dalam bentuk foto atau video di story dan reels? Simak berikut ukurannya:

Ukuran Foto di Instagram

Bentuk ukuran postingan foto di Instagram terbagi menjadi tiga jenis Dan ini juga bisa anda praktekkan di feeds Instagram. Berikut ukuran feeds foto Instagram:

  • Square
  • Landscape
  • Portrait

Rekomendasi ukuran feed Instagram yaitu minimal 1080 x 608 pixel sedangkan ukuran portrait yaitu minimal 1080 x 1350 piksel. Jadi sebelum membuat sebuah foto atau gambar agar hasil lebih maksimal sebaiknya buatlah gambar baik lebar maupun tinggi minimal 608 x 608 pixel.

Ukuran Video di Instagram

Aturan untuk ukuran berupa video di Instagram yaitu kurang lebih sama seperti ukuran foto yaitu square, landscape dan portrait. Agar kualitas video lebih jernih dan tidak pecah ketika di posting, setidaknya buatlah video minimal resolusi 1080 x 1080 piksel. Sementara itu. Semakin tinggi ukuran video dalam feeds Instagram tersebut maka semakin bagus hasilnya.

Ukuran Feed Instagram di Story dan Live

Selanjutnya untuk ukuran di story dan live dalam Instagram itu terdiri dari dua jenis ukuran yaitu dengan orientasi portrait dan landscape. Mengingat untuk perkembangan jenis smartphone saat ini memiliki ukuran yang berbeda-beda jadi Instagram bisa menyesuaikan ukuran dengan smartphone.

Namun agar hasil lebih maksimal untuk ukuran feed Instagram story dan live yaitu memiliki ukuran 1080 x 1920 pixel atau rasio 9 : 16. Sedangkan untuk ukuran feed video dalam bentuk portrait yaitu dengan resolusi 1080 x 608 pixel atau rasio gambar 4:5.

Ukuran IGTV

Untuk fitur IG TV masih tergolong baru karena beberapa bulan yang lalu Instagram membuatkan fitur ini untuk pemilik akun Instagram bisa live streaming dengan durasi yang lebih panjang.

Baca Juga :  Cara Mengubah Kata Sandi Instagram dengan 5 Macam

Ukuran yang tepat untuk IG TV itu terdiri dua macam yaitu dengan bentuk portrait dan landscape. Untuk ukuran potrait yaitu resolusi minimal 1080 x 1920 pixel dengan rasio 9: 16. Sedangkan dengan dimensi landscape yaitu 1920 x 1080 pixel dengan rasio 16:9.

Ukuran Reels Instagram

Fitur Instagram yang selanjutnya banyak orang pakai yaitu Reels Instagram yang mana pengguna Instagram hanya bisa membuat video singkat selama 15 detik dengan berbagai efek dan tools lainnya.

Untuk ukuran yang tepat di Reels Instagram ini tidak bisa dipastikan berapa pixelnya karena pengambilan gambar atau video itu langsung dari kamera Instagram sendiri.

Rincian Ukuran dengan Rasio Gambar dan Video di Instagram

Agar pemahaman dan penjelasan secara singkat dan lebih jelas berikut rincian ukuran gambar dan video beserta rasionya yang sangat sesuai di Instagram :

  • Foto persegi dengan ukuran resolusi 1080 x 1080 pixel dan rasio gambar 1:1.
  • Foto landscape dengan ukuran resolusi 1080 x 608 pixel dan rasio 1.91:1.
  • Foto portrait dengan ukuran resolusi 1080 x 1350 pixel dan rasio gambar 4:5.
  • Video persegi dengan ukuran resolusi 1080 x 1080 pixel dan rasio gambar 1:1.
  • Video landscape dengan ukuran resolusi 1080 x 809 pixel dan rasio gambar 1.91:1.
  • Video portrait dengan ukuran resolusi 1080 x 1350 pixel dan rasio gambar 4:5.
  • IG story dan IG live dengan ukuran solusi 1080 x 1920 pixel dan rasio gambar 9:16.

Saran dari kami sebelum memposting foto atau video, sebaiknya perhatikan poin di atas agar akun instagram terkesan lebih profesional.

Leave a Comment