Ukuran Post Instagram dalam Foto dan Video

Memposting foto dan video di Instagram jika tidak sesuai ukurannya rasanya ada yang aneh karena ada sisa ruang yang kosong. Cobalah dengan mengetahui beberapa ukuran post Instagram dalam bentuk foto dan video.

Selain ada ruang yang kosong jika anda tidak memperhatikan bentuk ukuran gambar Dan Video ini tentunya kemungkinan besar kualitas gambar menjadi rusak. Dengan begitu penonton pasti merasa malas dan segera berpindah atau scroll ke postingan lainnya.

Hamil semacam ini sangat penting untuk para marketers ataupun bisnis yang sedang mengoptimasi tokonya. Sebagai akun bisnis tapi setiap postingan tidak terkesan profesional ini juga bisa menyebabkan penurunan daya beli secara online.

Mengingat komposisi gambar dan video itu terdiri dari dua macam yaitu rasio dan resolusi atau ukuran. Jika Anda paham dan mengerti resolusi beserta rasio yang tepat untuk Instagram pastinya setelah di post hasilnya menjadi dan terkesan profesional.

Mengenal Rasio dan Ukuran Post Foto Serta Video dalam Instagram

Cobalah memahami sekilas tentang rasio dan ukuran dalam foto atau video agar hasil setelah dipublikasi terkesan profesional. Lalu apa itu rasio dan Apa itu ukuran atau resolusi dalam foto?.

Rasio dalam Foto di Instagram

Bagi yang belum paham penjelasan singkat mengenai rasio adalah perbandingan dua angka atau lebih yang menggambarkan dengan tinggi dan lebar gambar. Contoh gambar yang menggunakan rasio seperti (2:1), (1:1), (16:9) dan lain sebagainya.

Baca Juga :  Download Foto Instagram Ke Galeri dengan Mudah

Adanya istilah rasio ini berfungsi untuk memudahkan kita dalam membayangkan sebuah gambar dalam bentuk dua dimensi. Misalnya terdapat sebuah gambar berukuran  2048 x 1024 maka bisa kita sebut 2:1. Contoh lainnya yaitu terdapat gambar yang berukuran 512 x 512, 100 x 100, 1028 x 1028 dan seterusnya kita menyebutnya dalam bentuk rasio yaitu 1:1.

Mengatur ukuran post foto atau video Instagram dalam bentuk rasio terkadang cukup sulit karena jika disebutkan dalam bentuk resolusi atau ukuran tidak selalu sama. Agar lebih mudah kita dalam mengelola foto untuk Instagram lebih baik gunakan dalam bentuk ukuran daripada rasio.

Ukuran 

Sedangkan untuk ukuran sebuah gambar dalam Instagram menunjukkan besaran gambar terhadap kualitas. Istilah ukuran dari sebuah gambar terdapat 2 satuan yaitu dalam bentuk ukuran pixel dengan bentuk penggaris seperti mm, cm dan m.

Adapun contoh gambar yang menggunakan ukuran pixel yaitu Persegi (1080 x 1080 pixel), Horizontal (1920×1080 piksel),Vertical (1080×1920 piksel),Portrait (1080×1350 piksel) dan Lanskap (1080×608 piksel).

Dalam Instagram ketika anda memposting sebuah gambar atau video berukuran persegi atau square itu memiliki berbagai macam jenis ukuran rasio. Dari bentuk rasio, bisa jadi menggunakan ukuran 1080 x 1080 pixel atau 512 x 512 pixel.

Artinya agar ketika gambar dipublikasi di Instagram tidak pecah lebih baik gunakan ukuran pixel. Karena pixel sudah jelas besarannya. Adapun untuk ukuran post foto yang ideal agar terkesan lebih profesional dan gambar tidak pecah silahkan scroll ke bawah.

Ukuran Post Instagram dalam Foto dan Video

Instagram merupakan media sosial yang sangat cocok untuk membagikan sebuah pos berupa gambar dan video pendek. Tidak semua gambar dan video diproses oleh Instagram dengan baik.

Baca Juga :  Ukuran Feed Instagram untuk Foto dan Video

Ketika anda melakukan post foto dengan ukuran kecil seperti 100 x 100 pixel tentu hasilnya akan pecah. Begitu juga sebagai contoh lain ketika kirim pos foto dengan ukuran 1080 x 300 pixel tentu akan ada banyak ruang kosong yang cukup mengganggu pemandangan kita.

Dengan adanya permasalahan ini kami memberikan solusi yang sangat efektif khususnya buat marketer atau pebisnis digital. Dengan memperhatikan berbagai macam jenis ukuran sebelum pos gambar dan video di Instagram, hal ini dapat meningkatkan performa akun Instagram serta terkesan lebih profesional. Sehingga konsumen tidak ragu untuk membeli produk melalui akun Instagram Anda.

Langsung saja simak berikut daftar ukuran sebelum pos foto dan video di Instagram :

Ukuran Post Foto di Instagram

Untuk ukuran pas foto foto dan video di Instagram yang terbaru saat ini tahun 2022 sudah bervariasi. Berbeda dengan beberapa tahun sebelumnya yaitu hanya mendukung berbentuk persegi empat atau square saja. Jadi ketika kita mengupload foto berukuran potrait atau landscape tentu akan terpotong gambarnya.

Untuk ukuran postingan foto di Instagram saat ini terdiri dari tiga macam yaitu square atau persegi empat, landscape dan portrait. Untuk saat ini Instagram bisa menyesuaikan dengan rasio layar setiap smartphone.

Terkadang ada smartphone dengan rasio bilang banding 9:18 8:18, 18:9 dan lain sebagainya. Jadi terkadang beberapa smartphone ketika melihat gambar postingan satu tidak sama dengan gambar postingan lainnya.

Untuk menyikapi hal ini sebaiknya gunakan saja rekomendasi yang diberikan oleh Instagram untuk ukuran post yaitu setidaknya atau minimal 1080 x 608 pixel. Sedangkan untuk ukuran portrait setidaknya minimal ukuran 1080 x 1350 pixel.

Jadi, agar hasil gambar di Instagram tidak pecah dan tetap bening sebaiknya gunakan ukuran post Instagram seperti itu.

Baca Juga :  Cara Menambahkan Filter Di Instagram

Jangan sampai Anda menggunakan ukuran foto untuk di post ke Instagram jauh lebih kecil misalnya 100 x 100 pixel. Atau sebaliknya jangan sampai kirim pos foto ke Instagram dengan ukuran terlalu besar seperti 6000 x 6000 pixel. Hal ini dapat membuat loading gambar lebih lama atau gambar menjadi sangat pecah.

Rekomendasi Ukuran Post Video di Instagram

Sebagai referensi tambahan saja karena Instagram merupakan media sosial yang mendominasi postingan video pendek juga, perhatikan tentang ukuran video agar terkesan lebih profesional.

Rekomendasi ukuran atau resolusi video setidaknya minimal 1080 x 1080 pixel. Sama seperti aturan postingan foto Instagram yaitu jangan sampai menggunakan resolusi yang terlalu kecil atau yang terlalu besar.

Ukuran Postingan Instagram di Story dan Live

Anda yang pecinta memposting Story atau live streaming di Instagram, setidaknya kenali juga aturan mengenai ukuran ini. Mengingat sekarang banyak smartphone dengan layar tinggi seperti rasio 9:18 atau dengan ukuran resolusi 1080 x 1920 pixel.

Sebaiknya juga gunakan smartphone dengan rasio layar yang menggunakan ukuran resolusi 1080 x 1920 pixel. Jika pada saat live atau membuat story di Instagram menggunakan Smartphone jadul yang mana masih menggunakan rasio 4:5, tentu pada saat dibuka di smartphone rasio 9:18 tentu akan ada banyak ruang kosong dan ini cukup mengganggu.

Kesimpulan

Kesimpulan dari penjelasan mengenai ukuran post Instagram yang ideal dan akan terkesan lebih profesional yaitu untuk postingan foto persegi menggunakan resolusi 1080 x 1080 pixel bagi yang menggunakan rasio gambar 1:1.

Untuk foto landscape bisa menggunakan ukuran resolusi 1080 x 608 pixel. Sedangkan untuk postingan foto portrait bisa menggunakan resolusi 1080 x 1350 pixel dengan rasio gambar 4:5.

Leave a Comment